Rabu, 25 April 2012

Pengenalan C++



Pada Mulanya bahasa pemrograman digunakan untuk membantu dalam melakukan perhitungan telemetri. Pada saat itu bahasa yang digunakan masi sangat primitif yang masih berupa bahsa mesin yang hanya mengenal 1 dan 0. Setelah itu, bahasa mesin tersebut disederhanakan menjadi bahasa yang lebih mudah untuk dipahami dengan menggunakan statemen-statemen khusus yang dikenal dengan istilah mneomic seperti ADD, MOV, JMP dan yang lainnya. Bahasa ini termasuk kedalam bahasa Assembly yang termasuk kedalam bahasa tingkat rendah (Low Level Language).

Di tahun 1969, laboraturium Bell AT&T di Murray Hill, New Jarsey menggunakan bahasa assembly yang digunakan untuk mengembangkan sistem operasi UNIX. Yang bermaksud untuk membuat sistem operasi yang dapat bersifat 'programmer-friendly'. setelah UNIX berjalan, Ken Tompson, seorang pengembang sistem dilaboraturium tersebut yakni mengembangkan bahasa baru dengan nama bahasa B. Huruf B diambil dari BCPL. Bahasa B ini kemudian dugunakan untuk merevisi UNIX. Karena bahasa B masih bersifat interpret dan lambat, maka pada tahun 1971, sistem operasi UNIX ditulis ulang dengan bahasa C, yaitu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Dennis Ritchie, seorang pengembang sistem dari laboraturium yang juga sama.

Sampai saat ini bahasa C masih digunakan untuk pengembangan-pengembangan program dan sistem operasi, diantara sistem operasi Windows. Alasan itu yang membuat bahasa C menjadi populer di dunia pemrograman khususnya untuk industri perangkat lunak. Namun disangkan bahwa bahasa C masih tergoong susah untuk dipelajari karena masih bersifat prosedural murni. Untuk membentuk suatu objek kita diharuskan menulis banyak sekali kode. Hal ini bisa dikatakan sebagai satu kelemahan. Untuk mengatasi hal ini seorang Doktor bernama Bjarne Strousttrup yang juga bekerja dilaboraturium yang sama, menciptakan bahasa baru yang bernama bahasa C++ yang merupakan Hybryd dari bahasa C.

Bahasa C++ didasarkan atas bahasa C sehingga kita dapat melakukan kompilasi program-program yang ditulis dalam bahasa C denga menggunakan kompiler C++. Yng menguntungkan dari bahasa C++ adalah bahasa yang berorientasi objek atau yang biasa dikenal dengan OOP (Object Oriented Programming)

2 komentar: