Senin, 30 April 2012

Urutan Kompilasi dan Eksekusi Program

Sebelum kita melangkah lebih jauh mempelajari tentang pembentukan program C++, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai urutan dari kompilasi atau eksekusi program pada C++. Berikut ini adalah gambar yang mengilustrasikan mengenai proses pengkompilasian atau pengeksekusian program dalam C++

Tautan

Keterangan :


Preprossesor
Pada awalnya program akan dimasukkan ke dalam bagian preprossesor, yaitu yang ditandai dengan tanda # (pound)dan menghasilkan file yang akan dilewatkan kedalam kompiler. Diantara preprossesor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
  • #include
  • #define
  • #ifdef
  • dan lain-lain

Kompiler C++

Fungsi dari kompiler adalah menerjemahkan kode program yang telah dilewatkan oleh preprossesor ke dalam bahasa assembly.

Assembler

Assembler menerima keluaran dari kompiler C++ dan selanjutnya akan membuat kode objek. Jika dalam kode program kita tidak menggunakan fungsi-fungsi pada library lain. Maka kode objek ini akan langsung di eksekusi kedalam file EXE.

Link Editor

Bagian ini dikerjakan kode program yang kita buat jika menggunakan fungsi-fungsi diluar yang disimpan pada library lain. Link Editor akan mengkombinasikan kode objek dan library yang ada untuk menjadikan file EXE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar