Kamis, 03 Mei 2012

Apa Itu PHP?

Dari dokumen resmi PHP, PHP merupalan singkatan dari kata PHP Hipertext Preprocessor. PHP merupakan skrip yang ditempatkan dalam server dan diproses server. Hasilnya yang dikirim ke klien, tempat pemakai menggunakan browser.

PHP dirancang secara khusus untuk membentuk aplikasi web yang dinamis. Dimaksud dinamis yaitu PHP dapat membentuk suatu tampilan menurut pesanan terkini. Misalnya, Anda bisa memunculkan isi database ke halaman web. Pada dasarnya PHP mempunyai prinsip yang sama dengan skrip-skrip ASP (Active Server Page), Cold Fusion, ataupun Perl. Perlu diketahui bahwa PHP sebenarnya bisa dipakai secara Command Line. Artinya, skrip PHP dapat dijalankan walau tidak tersambung pada web server dan juga browse.

Kelahiran PHP bermula pada saat Rasmus Lerdorf membuat sejumlah skrip perl yang dapat mengamati siapa-siapa saja yang melihat riwayat hidupnya, yaitu pada tahun 1994. Skrip-skrip ini selanjutnya dikemas menjadi tool yang disebut dengan "Personal Home Page". Paket inilah yang menjadi cikal bakal PHP. Pada tahun 1995, Rasmus menciptakan PHP/FI Versi 2. Pada versi inilah pemrogram dapat menempelkan kode terstruktur kedalam tag HTML. Yang menarik juga kode PHP dapat berkomunikasi dengan database dan melakukan perhitungan-perhitungan sambil jalan.

Pada saat ini PHP sangat populer sebagai peranti pemrograman web, terutama pada lingkungan Linux. Walau demikian PHP juga dapat beroperasi pada server-server yang berbasis UNIX, Windows, dan Macintosh.

Untuk mencoba PHP Anda tidak perlu menggunakan komputer berkelas server. Hanya dengan komputer biasa, Anda bisa mempelajari dan memperaktikkan PHP.

PHP bersifat bebas dipakai. Anda tidak perlu membayar untuk menggunakan perangkat lunak ini alias free. Anda dapat mendownloadnya melalui situs http://php.net, PHP tersedia dalam bentuk biner dan juga kode sumber yang lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar